Mengiris Bawang Merah? Siapa Takut!

Beberapa waktu yang lalu, ketika saya sedang menghubungi salah satu teman saya melalui telepon, tiba-tiba saya sedikit bufer. terdengar suaranya tersendat-sendat. Apakah dia sedang menangis? Kenapa? Namun, ternyata setelah saya tanyakan, dia memang sedang menangis, tetapi bukan karena tekanan emosional, namun karena si bawang merah!

agar-mengiris-bawang-merah-gak-nangis

Hah…. udah kaya cerita bawang merah bawang putih aja. Gara-gara bawang merah aja sampe nangis-nangis. Nah! kali ini kita akan membahas bagimana caranya agar kita tidak nangis saat mengiris bawang merah. Hayoo… masih suka bikin bawang goreng untuk makan? Apalagi yang merasa anak kos… huhu… bawang goreng campur garam dan cabai. Maknyoss dah.

Begini nih caranya agar ga nangis waktu ngiris bawang merah!

  1. Sebelum Mengiris Kecil-Kecil, Rendam di Air ES

Nah, sebelum mengirisnya, coba kupas bawang merah secukupnya saja. Siapin sesuai kebutuhan. Lalu, masukin dah tuh bawang merah ke mangkuk, rendam dalam air es beberapa menit. Coba deh!

2. Potong bagian atas dulu

Beberapa orang memotong bagian atas dari bawang merah kemudian baru bagian lainnya. Dengan memotong bagian atasnya, dipercaya tidak akan membuat kita terlalu perih ketika mengirisnya.

3. Mengiris sambil mengunyah permen karet

Ini mungkin semacam teknik pengalihan perhatian. Namun lebih dari itu, juga sebagai upaya agar otot otot wajah lebih aktif ketika anda sedang mengiris bawang merah.

4. Nyalain Kipas Angin

Yang membuat perih di mata dan kemudian memaksa air mata keluar yaitu karena bawang merah memiliki senyawa belerang. Dengna menyalakan kipas angin, diharapkan kandungan bawang merah tersebut bisa terbawa angin menjauh dari mata kita.

Nah, coba dulu dah! Apakah tips tips ini berkerja atau tidak. Jangan berhenti mengonsumsi bawang merah hanya karena ia sering membuat kamu nangis, karena bawang merah juga ternyata banyak manfaatnya. Selamat mencoba ya!

What?? Ganja Bisa Menurunkan Berat Badan?

Saya sedikit tertarik pada tulisan yang terdapat di liputan6.com mengenai ganja yang konon bisa menurunkan berat badan. Apakah betul demikian?

Yang saya tahu dari teman-teman lain yang pernah mencoba mencicipi ganja (sekarang udah pada insyaf, sih!), justru menghisap ganja malah membuat perut terasa lapar terus. Mulut juga cenderung terasa garing dan hampa. Mungkin itulah yang kemudian membuat orang yang menghisap ganja menjadi ingin ngemil terus. Lalu, bagaimana berdasarkan tulisan di liputan6.com tersebut?

ganja untuk menurunkan berat badan

Mungkin bisa dibenarkan juga sih, bahwa segala sesuatu jika digunakan dengan bijak pasti ada manfaatnya. dan sebaliknya jika berlebihan tentu akan mendatangkan efek yang tidak baik. Demikian juga dengan ganja. Berdasarkan tulisan tersebut, beberapa studi (studi yang mana tidak disebutkan) mengatakan bahwa ganja memiliki manfaat untuk kesehatan. Sekali lagi, “jika digunakan dengan bijak!”. Salah satunya bisa menurunkan berat badan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa beberapa penelitian (lagi-lagi tidak disebutkan penelitian yang mana) menyatakan bahwa penghisap ganja cenderung memiliki tubuh lebih ramping dibanding dengan yang tidak menghisap ganja. Katanya, ganja bisa mengatur insulin dalam tubuh sehingga bisa mengontrol jumlah glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, katanya ganja bisa menurunkan kadar kolestrol.

Ganja juga disebutkan bisa mengganggu reseptor tertentu yang akan membuat nafsu makan penghisap ganja jadi berkurang dan tidak memikirkan camilan. Pernyataan tersebut senada dengan teori lainnya yang dikutip di situs Indiana Times, Jumat, 25 September 2015 mengatakan bahwa menghisap ganja bisa membuat reseptor tertentu menangkap rasa kenyang berlebih.

Apakah penelitian-penelitian yang belum jelas sumbernya tersebut bisa dipercaya? semuanya kembali kepada anda sendiri. Yang jelas, kalau menurut saya, bahwa menghisap ganja bisa menurunkan berat badan, itu bisa dibenarkan. Namun bisa jadi itu bukan karena efek-efek yang diberikan ganja tersebut, namun lebih kepada tingkat stress yang biasanya menjadi pemicu orang untuk mabuk ganja. Orang dengan kondisi pikiran tidak stabil, tanpa menghisap apapun akan tetap memiliki potensi terjadinya penurunan berat badan. Karena mereka cenderung kehilangan nafsu makan.

Tapi kurang tahu juga, sih. Bisa jadi analisa tersebut benar. Sayangnya penjelasannya kurang jelas. Seperti apa menggunakan secara bijak juga tidak kita ketahui. Dan bagaimana dengan dosis? Nah, jika kemudian langsung dipraktekkan, bisa menyesatkan nih. Terlalu menyeramkan juga jika kemudian orang yang sedang mencari cara menurunkan berat badan menjadi penghisap ganja. Jangan dah! Mending pake cara lainnya. Kan, masih banyak.

 

Jerawatan Lagi, Hadeeeeh!

jerawatanLiburan panjang membuat aku malas ngapa-ngapain, pengennya hanya tiduran dan makan cemilan. Memang enak rasanya tapi tanpa disadari kebiasaan itu menjadi susah dihilangkan karena mungkin sudah terlalu lama dan dilakukan setiap hari.

Parahnya lagi cemilan yang aku makan setiap harinya mengandung minyak berlebih dan kalori tinggi sehingga pelan namun pasti jerawat mulai tampak di permukaan wajah satu persatu. Sebelumnya memang pernah bermasalah dengan jerawat, namun setelah mengikuti tips menghilangkan jerawat yang pernah dishare di sini akhirnya jerawat bisa benar-benar hilang tanpa bekas.

Sayangnya untuk menjalankan pola hidup sehat bukanlah perkara gampang, apalagi jika harus meninggalkan makanan tertentu yang menjadi makanan favorit. Itu butuh waktu dan terkadang butuh sedikit nekad untuk dapat meninggalkan semuanya karena semua juga sudah mengetahui bahwa meninggalkan kebiasaan butuh waktu bertahun-tahun. Baca lebih lanjut

Rasa Malas Itu Datang Lagi

rasa malasSudah lebih dari 10 hari blog ini tidak diupdate, memang akhir-akhir ini disergap oleh rasa malas yang tiap hari kian menguat. Berbagai cara sudah pernah dicoba mulai dengan memaksakan diri untuk menulis, namun tetap saja baru menulis judul saja sudah berhenti dan tidak sanggup untuk melanjtkannya.

Malas memang bukan penyakit fisik namun lebih pada mental dan kejiwaan, meskipun bukan gangguan fisik namun efeknya berimbas langsung pada fisik terutama masa depan seseorang. Kenapa? Rasanya tidak perlu dijelaskan lebih dalam karena pembaca pasti telah mengetahui alasannya.

Malas belajar membuat orang jadi ketinggalan informasi, malas bekerja membuat perekonomian menjadi kacau, malas menulis membuat blog atau buku tetap bersih. Bila kebetulan menulis adalah pekerjaan maka sedikit banyak mempengaruhi penghasilan sehari-hari. Baca lebih lanjut

Semua Tentang Jerawat dan Implikasinya Terhadap Mental Remaja

semua tentang jerawatRasanya tidak satupun manusia yang lepas dari masalah ini, jerawat adalah masalah yang hampir seluruh manusia pernah mengalaminya. Bagi yang beruntung maka masalah tersebut bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu singkat, namun bagi sebagian lainnya, jerawat yang dialami lebih parah bahkan kerap menimbulkan kerusakan pada permukaan kulit.

Sebenarnya apa yang harus anda ketahui tentang jerawat? lalu apakah ada cara untuk menghilangkannya dan sekaligus mencegahnya agar masalah tersebut tidak datang kembali? Untuk menjawab semua pertanyaan itu silahkan ikuti terus pemaparan saya di bawah ini. Baca lebih lanjut

Remaja Adalah Pewaris Bangsa Ini

kalangan remajaOrang bilang masa remaja adalah masa yang paling indah dan berkesan, itu semua memang benar adanya dan tidak ada sedikitpun yang salah. Namun dibalik kesenangan itu terdapat pula tanggung jawab besar seperti belajar dengan giat, belajar untuk mematuhi segala aturan dan berdisiplin.

Proses pembelajaran ini pada ahirnya akan membawa remaja ke arah lebih baik, bukan hanya untuk dirinya namun juga untuk orang lain dan bangsa ini secara keseluruhan. Tidak muluk-muluk jika saya menyebut bahwa remaja adalah pewaris bangsa ini, nasib bangsa ini sangat bergantung dari remaja itu sendiri.

Di manapun dan siapapun yang akan menjadi pewaris hendaknya dipersiapkan sejak dini, karena jika tidak maka hancurlah apa yang diwarisinya. Yang diwarisi ini tidak main-main karena berupa wilayah yang begitu luas dengan jumlah penduduk sekitar 200 juta lebih.

Begitu besarnya bangsa ini sehingga pewarisnya juga harus memiliki integritas besar, ilmu pengetahuan mendalam dan pola pikir maju namun tetap sederhana sebagai manusia. Inilah yang saat ini kita tidak miliki, hanya sedikit pejabat yang memiliki integritas tinggi dan berkepribadian sederhana dan luhur. Baca lebih lanjut

Kejahatan Semakin Semarak

buruh tidak tahu diriSungguh menyedihkan akhir-akhir ini, kita seakan disuguhi tayangan kriminalitas setiap harinya dan ada puluhan bahkan ratusan nyawa melayang sia-sia karena hal-hal bodoh yang tidak semestinya terjadi.

Tapi apa daya, kita sudah jauh dari nilai-nilai kemanusiaan, diakui atau tidak, semenjak reformasi bergulir kita seakan kehilangan arah dan tujuan. Semua merasa benar dan tidak mau menerima kritik. Bohong besar jika ada orang atau kelompok yang dengan mulutnya bercuap-cuap mengatakan ‘kami menerima kritik’.

Akui saja jika sekarang kita sudah semakin jauh dari nilai kemanusiaan dan pribadi bangsa yang dulu dikenal luhur. Yang ada di pikiran kita saat ini hanyalah mencari uang sebanyak-banyaknya demi status sosial dan kehormatan di mata masyarakat.

Kalimat pembuka di atas sesuai dengan berita yang hari ini ramai diperbincangkan yakni ditembak matinya seorang satpam oleh oknum aparat hanya karena tidak memberi hormat. Baca lebih lanjut

Kulit kusam? Atasi saja dengan cara ini

atasi kulit kusamKulit kusam memang bukan masalah sepele karena berimbas langsung terhadap penampilan dan kepercayaan diri kita, memang tidak semua orang akan terpengaruh dengan hal ini namun setidaknya wanita tidak akan tinggal diam ketika mendapati kulit kusam pada dirinya.

Ada dua cara untuk mengatasi ini, pertama dengan pergi ke toko kecantikan dan membeli produk yang dibutuhkan dan kedua pergi ke kebun atau pekarangan dan mengambil beberapa tanaman untuk digunakan pada kulit.

Untuk cara pertama rasanya tidak perlu dijelaskan lebih lanjut karena semua telah mengetahui produk apa yang seharusnya dibeli dan mana yang seharusnya ditinggalkan.

Untuk cara kedua bisa pembaca lihat di halaman ini, semuanya murni menggunakan tanaman atauy bahan yang ada di pekarangan rumah kita tanpa membeli atau mengeluarkan uang sepeserpun. Baca lebih lanjut

Belajar Berterimakasih

terimakasihDiakui atau tidak, banyak diantara kita yang masih juga belum bisa berterimakasih pada orang yang sesungguhnya telah berjasa, baik berjasa secara langsung ataupun tidak langsung. Sikap ini sama sekali bukanlah sikap terpuji dan hendaknya dihindari.

Ungkapan terimakasih memang tidak hanya dengan mengucapkan secara langsung, karena seperti saya bilang tadi, kebaikan yang kita peroleh dari orang lain mungkin tidak memungkinkan kita untuk mengucapkannya secara langsung.

Guru terhadap muridnya, anak terhadap orang tuanya, pejabat terhadap pemilihnya, laki-laki atau perempuan terhadap pasangannya dan masih banyak lainnya.

Dalam kehidupan nyata, kita bisa mengucapkan langsung pada pemberi jasa, atau bisa juga dengan membalas kebaikannya. Dalam dunia online, kita bisa berkomentar, menanggapi atau hanya sekedar menekan tombol like. Sayangnya lebih banyak orang yang mengambil manfaatnya saja lalu pergi meninggalkan begitu saja. Baca lebih lanjut

Kemarau Datang, Kekeringan Tak Terelakkan

Persoalan klasik yang entah sampai kapan akan terus terulang, rasanya kita seperti orang bodoh yang mengalami persoalan sama di setiap tahunnya. Pepatah yang menyebutkan bahwa ‘pengalaman adalah guru paling berharga’ rasanya tidak berlaku untuk pemerintah kita saat ini.

Betapa tidak, kekeringan sudah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu, namun tidak juga segera dicarikan solusinya. Pasti akan terus berulang. Yang menjadi korban adalah para petani, jika air untuk mengaliri sawah saja harus membeli, lalu apa gunanya ada pemerintah sekarang ini?

Mereka malah asyik dengan urusan pribadinya masing-masing, mengurs project baru yang menguntungkan, memilih merk mobil apa yang akan dibeli untuk diberikan pada anak manja mereka, sibuk latihan dan bermain golf. Baca lebih lanjut