Cara Merawat Rambut Kusam Menggunakan Shampoo | Insomniaku.co – Panduan dan Cara Hidup Sehat

Cara Merawat Rambut Kusam Menggunakan Shampoo

Cara Merawat Rambut Kusam Menggunakan Shampoo | Rambut adalah mahkota. Adagium tersebut tidak hanya melekat pada benak wanita, namun juga pria. Tapi, sepertinya wanita lebih serius dalam menghargai ungkapan tersebut dibanding pria. Mungkin karena budaya rambut panjang pada wanita, sehingga wanita harus menemui “lebih banyak” kendala terkait cara merawat rambut. Rambut panjang juga kemudian harus menemukan tantangan lainnya, yaitu model rambut. Wanita cenderung lebih ‘perhatian’ dalam memaksimalkan model rambutnya. Selain itu, kebersihan rambut dan kulit kepala tentunya merupakan modal awal untuk memiliki rambut yang indah, lembut, berkilau dan mudah ditata.

Rambut yang kusam umumnya disebabkan oleh paparan langsung sinar matahari yang berlebihan atau tidak jarang akibat praktek perawatan yang menggunakan bahan kimia seperti penggunaan shampoo, cat rambut, relaxers, atau keriting permanen. Untuk mencegah rambut kusam tentunya kita perlu mempertimbangkan jenis shampoo yang sesuai dengan jenis rambut kita. Mencuci rambut (shampooing) harus menggunakan jenis shampoo yang tepat agar rambut dan kulit kepala terbebas dari debu, keringat, atau minyak yang keluar dari kelenjar lemak.

Langkah-langkah Mudah Melakukan Shampooing yang Benar

Secara umum, dikenal tiga jenis rambut, yaitu: Rambut normal, rambut kering, dan rambut berminyak. Dalam hal ini rambut kusam termasuk pada kategori rambut kering.

  • Memilih Shampo untuk jenis rambut kering /kusam

Untuk pemilik rambut kering atau kusam, pilihlah shampoo yang bersifat moisturizing, hydrating, dan smoothing. Hindari shampoo dengan label strengthening, fortifying, dan volumizing yang biasanya bekerja dengan mengurangi tingkat kelembaban kulit kepala.

Jika kulit kepala yang kering tersebut berketombe, Shampoo yang terbuat dari menthol dan tea tree bisa menjadi pilihan karena jenis shampoo tersebut dirancang khusus untuk rambut kering. Jangan menggunakan shampoo yang memiliki kandungan sulfat karena bisa membuat rambut dan kulit kepala menjadi semakin kering.

Setelah mendapatkan jenis shampoo yang tepat kita bisa mulai langkah-langkah perawatan rambut kusam melalui proses penyampoan atau shampooing.  Cara merawat rambut seperti ini cukup penting untuk menghindarkan rambut dari kusam dan kerusakan: 

  • Rapikan Rambut Sebelum Proses Shampooing

Sebelum proses shampooing dimulai kita perlu merapikan rambut dengan menyisir dari depan ke belakang, dari kanan ke kiri, ulangi dari depan ke belakang hingga rapi. Merapikan rambut dengan cara disisir supaya rambut tidak terlalu kusut waktu keramas sekaligus melepas rambut-rambut yang rontok.  

  • Sediakan Air Hangat

Untuk cara merawat rambut yang benar sebaiknya dipersiapkan air hangat. Pada saat keramas, air hangat berguna untuk mempercepat proses pelarutan lemak sekaligus menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut. Selanjutnya basahi rambut perlahan-lahan. Untuk menghindari kontak dengan mata, sewaktu menyiram kita mulai dari hair line menggunakan telapak tangan. 

  • Proses Penyampoan

Langkah berikutnya kita beri shampoo sepanjang garis rambut dimulai dari bagian depan lalu ke belakang. Usapkan shampoo hingga berbusa diseluruh permukaan rambut. Gosok rambut dengan gerakan zig-zag atau secara rotasi menggunakan bantalan jari tangan. Beri sedikit urutan (bukan digaruk) pada kulit kepala secara merata. Cara menggosok dimulai dari hair line bagian muka kemudian tangan kiri mulai menggosok dari tengah kepala kearah telinga kiri. Begitu juga dengan tangan kanan mulai menggosok rambut kearah telinga kanan. Lakukan berulang-ulang secara bersamaan dengan gerakan rotasi. Berikutnya rambut bagian belakang telinga, gosok dari tengah kepala kearah belakang telinga kiri menggunakan tangan kiri, lalu lakukan hal yang sama pada rambut belakang telinga kanan dengan tangan kanan.

Proses Pembilasan Pasca Shampooing

Untuk menyempurnakan shampooing, proses pembilasan harus dilakukan dengan benar. Caranya dengan menyiram rambut perlahan-lahan. Lindungi mata kita dari cairan shampoo. Pada poses pembilasan ini, pastikan sisa-sisa busa benar-benar bersih terutama bagian-bagian tersembunyi seperti pada bagian belakang kepala atau belakang telinga. Jika tidak benar-benar bersih maka akan berpotensi terjadi endapan sisa shampoo yang dapat menyebabkan munculnyaketombe.

Jika proses pembilasan selesai, selanjutnya kita bungkus rambut yang baru dibilas menggunakan handuk lembut, lipat dengan rapi lalu jepit lipatan handuk mengggunakan jepitan kuat supaya tidak lepas. Tidak direkomendasikan menggosok rambut dengan handuk karena dapat menyebabkan kerusakan rambut. Jika digosok, rambut menjadi panas sehingga mengakibatkan kulit kepala serta batang rambut lebih mengembang. Hal ini tentu membuat rambutt erasa lebih kering, pecah-pecah dan mudah patah. Keringkan rambut menggunakan handuk kering (dry towel) dengan cara ditekan berulang-ulang hingga kering. Dengan demikian kelembaban rambut tetap terjaga sehingga tidak mudah kusam.

Source: Cara Merawat Rambut Kusam Menggunakan Shampoo | Insomniaku.co – Panduan dan Cara Hidup Sehat

Tinggalkan komentar